Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
FrebyMuslihat

Istilah-istilah pada Kurikulum Merdeka

Kurikulum Merdeka adalah konsep kurikulum baru yang diusulkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Indonesia pada tahun 2020. Konsep kurikulum merdeka ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan dengan memperkuat nilai-nilai kebangsaan, karakter bangsa, dan pengembangan keterampilan abad 21. Di dalam kurikulum merdeka terdapat beberapa istilah baru yang perlu dipahami, berikut adalah beberapa di antaranya.

1.       Muatan Pendidikan Indonesia

Muatan Pendidikan Indonesia (MPI) adalah istilah baru yang menggantikan muatan lokal dalam kurikulum merdeka. MPI menekankan pada pengajaran tentang nilai-nilai kebangsaan, kebhinekaan, dan kearifan lokal serta mengintegrasikan materi-materi tentang keterampilan abad 21.

2.       Kurikulum Berbasis Kompetensi

Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) adalah konsep kurikulum yang menekankan pada pengembangan kompetensi siswa melalui pembelajaran yang berpusat pada siswa. KBK ini mendorong pengembangan keterampilan abad 21 melalui pembelajaran yang mengintegrasikan berbagai mata pelajaran.

3.       Pembelajaran Berbasis Proyek

Pembelajaran Berbasis Proyek (PBP) adalah metode pembelajaran yang melibatkan siswa dalam proyek atau tugas-tugas yang lebih kompleks dan terintegrasi dengan mata pelajaran lain. Metode ini dirancang untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis, kreativitas, dan kolaborasi siswa.

4.       Pembelajaran Lintas Disiplin

Pembelajaran Lintas Disiplin (PLD) adalah pembelajaran yang mengintegrasikan berbagai mata pelajaran yang saling terkait untuk membantu siswa memahami hubungan antara konsep-konsep yang berbeda. PLD bertujuan untuk mengembangkan keterampilan berpikir holistik dan meningkatkan pemahaman siswa tentang dunia yang kompleks.

5.       Program Keahlian

Program Keahlian adalah konsep yang menggantikan program studi dalam kurikulum merdeka. Program Keahlian ini menekankan pada pengembangan keterampilan abad 21 melalui program-program yang sesuai dengan minat dan bakat siswa.

6.       Guru sebagai Fasilitator Pembelajaran

Guru sebagai Fasilitator Pembelajaran adalah konsep yang menekankan pada peran guru sebagai fasilitator dalam proses pembelajaran yang lebih mengutamakan pengalaman belajar siswa. Guru sebagai Fasilitator Pembelajaran diharapkan dapat membantu siswa dalam memahami konsep-konsep yang diajarkan dan mengembangkan keterampilan abad 21 melalui pembelajaran yang lebih interaktif.

7.       Evaluasi Kinerja Siswa

Evaluasi Kinerja Siswa adalah metode evaluasi yang menekankan pada pengembangan keterampilan abad 21 siswa melalui penilaian kinerja yang meliputi kemampuan siswa dalam berpikir kritis, kreativitas, kolaborasi, dan komunikasi. Evaluasi Kinerja Siswa ini bertujuan untuk memberikan umpan balik yang lebih akurat tentang kemampuan siswa dan membantu guru dalam mengembangkan strategi pembelajaran yang lebih efektif.

8.       Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah dokumen yang disusun oleh guru sebagai panduan dalam melaksanakan pembelajaran. RPP pada kurikulum merdeka menekankan pada pengembangan keterampilan abad 21 siswa melalui penggunaan metode pembelajaran yang lebih interaktif dan berpusat pada siswa.

9.       Digital Literacy

Digital Literacy adalah istilah yang mengacu pada kemampuan siswa dalam menggunakan teknologi digital untuk mengakses, menganalisis, dan menyajikan informasi secara efektif. Digital Literacy merupakan salah satu keterampilan abad 21 yang penting untuk dikembangkan dalam kurikulum merdeka.

10.   Character Building

Character Building adalah konsep yang menekankan pada pengembangan karakter siswa melalui pembelajaran. Character Building pada kurikulum merdeka menekankan pada pengembangan karakter bangsa yang mencakup nilai-nilai kejujuran, disiplin, kerja keras, dan kepedulian sosial.

Dalam rangka mengimplementasikan kurikulum merdeka, diperlukan pemahaman yang mendalam tentang istilah-istilah baru tersebut. Selain itu, perlu adanya dukungan dan komitmen dari seluruh pihak untuk mewujudkan visi dan misi kurikulum merdeka dalam membangun generasi yang tangguh, berdaya saing, dan mencintai tanah air. Dengan demikian, diharapkan kurikulum merdeka dapat meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia dan membantu mempersiapkan siswa untuk menghadapi tantangan masa depan. 

Posting Komentar untuk "Istilah-istilah pada Kurikulum Merdeka"

Keunikan Daerah Tempat Tinggalku -Subtema 2
Tujuan Pembelajaran (TP)
Istilah-istilah pada Kurikulum Merdeka